Mengenal Pulsa Elektrik dan Fisik Sebelum Memulai Bisnis

DIGITAL PULSA - Sebelum memulai bisnis pulsa, ada baiknya jika Kamu mengenal pulsa elektrik dan fisik atau voucher. Sampai saat ini ada dua jenis pulsa yang jual kepada masyarakat demi memenuhi kebutuhan telepon genggam. Pulsa sendiri merupakan satuan hitung yang akan Kamu bayar kepada provider.

Mungkin nama ini kurang populer bagi sebagian orang dan lebih mengenal istilah pascabayar. Artinya Kamu bisa menggunakan satuan hitung terlebih dahulu dan membayarnya dikemudian hari. Karena itulah model tagihan ini tidak akan habis yang berbeda halnya dengan pulsa.

Meskipun demikian, pulsa tetap banyak diminati oleh sebagian besar pengguna telepon genggam sehingga bisnis pulsa juga semakin hari semakin banyak. Peluang bisnis seperti ini didasari karena sebagian besar sudah mengenal pulsa elektrik dan fisik. Lalu bagaimanakah perbedaan dari keduanya?

Pengertian dari Pulsa Elektrik

Pulsa elektrik atau voucher elektrik merupakan jenis isi ulang pulsa yang dikeluarkan oleh provider jasa komunikasi. Voucher ini hanya dapat di top up melalui chip khusus dari provider tersebut dan sudah di enkripsi. Enkripsi ini digunakan untuk melakukan top up voucher isi ulang.

Karena voucher ini merupakan voucher elektrik, berarti voucher ini tidak memiliki bentuk. Ketika Kamu ingin top up Kamu hanya perlu memberikan nomor telepon Kamu memasukan nominal pulsa yang akan dimasukan. Setelah itu pulsa bisa langsung masuk ke nomor yang dituju.

Dari segi efisiensi, jika dibandingkan antara pulsa elektrik dan fisik, maka pulsa elektrik lebih mudah dan simpel. Jika Kamu memiliki niat menjalankan bisnis pulsa, pelanggan Kamu mungkin kebanyakan akan memilih jenis voucher ini. Kamu sebagai penyedia akan langsung mengirimkan pulsa pada pelanggan sebagai end user.

Namun, model pengisian pulsa ini ada kelemahan. Kamu harus memahaminya jika bisnis pulsa Kamu ingin berjalan mulus. Model voucher elektrik sangat mengandalkan jaringan dari operator terkait. Artinya jika jaringan operator mengalami gangguan maka pengisian pulsa juga akan terhambat beberapa saat.

Pengertian dari Pulsa Fisik

Pulsa fisik atau voucher fisik adalah model isi pulsa yang paling awal diperkenalkan di Indonesia oleh berbagai provider. Sistem prabayar ini diberikan oleh provider telekomunikasi kepada pelanggannya demi menikmati layanan yang di berikan, misalnya untuk telfon dan SMS.

Jika dibandingkan antara pulsa elektrik dan fisik, jelas pulsa fisik akan kalah. Efisiensi model isi ulang ini dinilai terlalu rumit. Kamu harus menggosok lapisan timah pada voucher untuk mendapatkan nomor unik. Nomor inilah yang nantinya Kamu masukan pada kode dial untuk memperoleh pulsa.

Jika pengguna tidak berhati-hati dalam menggosok lapisan timah, bisa saja nomor unik di bawahnya juga akan rusak. Misalnya angka 7 terlihat seperti angka 1. Tentu saja ini menjadi kerugian bagi pengguna. Yang seharusnya mengisi pulsa justru harus memikirkan nomor berapa yang rusak tersebut.

Namun, setiap provider memiliki peraturannya sendiri dalam mengatasi masalah tersebut. Misalnya jika pengguna mencoba 2 hingga 3 kali memasukan nomor unik namun gagal, bisa saja voucher tersebut diblokir oleh provider. Bukanya untung pengguna malah merasakan kerugian.

Selain itu, biaya pembuatan voucher fisik ini juga terbilang mahal. Provider harus mencetak kartu voucher. Belum lagi melapisi dengan timah pada bagian nomor unik dan yang terakhir adalah masalah pengemasan yang semakin menjadikan mahal harganya.

Meskipun demikian, peluang bisnis ini tetap menjadi sesuatu yang menjanjikan. Namun, Kamu juga harus mengetahui kebutuhan pasar saat ini. Memang yang lebih menjanjikan adalah pulsa elektrik. Namun, untuk memenuhi semua kebutuhan yang ada, Kamu juga perlu menyediakan pulsa elektrik dan fisik.

Jika Anda Berminat Bisnis Pulsa Elektrik?
Silahkan Download Aplikasi Android DIGITAL MOBILE TOPUP!

Form Untuk Pendaftaran Agen Digital Payment Online?

0 Response to "Mengenal Pulsa Elektrik dan Fisik Sebelum Memulai Bisnis"

Posting Komentar